LoA dari Yonsei University (연세대학교)

Sebenernya Yonsei University bukan pilihan pertama gw buat lanjut kuliah S2 gw, pertamanya gw mau masuk Queensland Univerity di Australia, tapi Tuhan menunjukan jalan yang lebih Indah dan baik untuk melanjutkan kuliah di Yonsei University.

Bagi yang belum tau Yonsei University, ini sedikit info singkat ala gw. Sebenernya Yonsei University itu adalah TOP 3 University di Korea Selatan, jadi di Korea ini ada 3 kampus paling favorite yang disingkat 'SKY', terdiri dari Seoul National University, Korea University sama Yonsei University. Gak tau kenapa Yonsei University kurang terkenal di Indonesia, apa perasaan gw aja ya. Anyway tahun ini Yonsei peringkat 105 di Dunia dan 18 di Asia. lengkapnya liat disini http://www.yonsei.ac.kr/en_sc/

Ini 2 bangunan librarynya Yonsei

Ini gedung ledendarisnya Yonsei
Ini Main gate nya Yonsei

Karena gw jurusan International Studies lebih tepatnya International Trade Finance and Management, jadi proses mendapatkan LoA gw terbilang simple gak pake menghubungi professor dulu. Sebenernya waktu itu pas masuk Yonsei University tuh bener-bener kaya mukjizat banget lah ya. Soalnya waktu gw liat pengumuman hari itu adalah hari terakhir pendaftaran padahal masih harus ngumpulin berkas-berkas via pos ke Korea Selatan, tapi alhamdulilahnya pas besoknya liat info registrasinya di Web Yonsei pendaftarannya diundur jadi 2 minggu lagi.

Kalo di Yonsei setiap Graduate School (Jurusan di Pasca Sarjana) punya waktu pendaftaran dan kebijakan masing-masing. Untuk liat pendaftaran di jurusan gw (GSIS Yonsei) bisa liat disini http://gsis.yonsei.ac.kr/main/text.asp?mid=n02_02_01 .
Proses pendaftarannya ada 2 yaitu via online (application online) dan kirim berkas-berkas via pos. Kita harus kirim transkrip berbahsa Inggris kita yang ASLI buat persyaratan pendaftaran ke Yonsei.

Setelah semua berkas dikirimkan dan diisi online, tinggal tunggu deh sampai batas pendaftaran berakhir. Kira-kira 2 minggu setelah pendaftaran ditutup hasilnya keluar. Yonsei bakal email langsung ke kita kalau kita lolos atau nggak. Setelah LoA dikirim baru kita bisa proses VISA dan persiapan keberangkatan lainnya. 

Untuk detail persyaratannya:
  1.  Transkrip : Harus berbahasa Inggris
  2.  IPK : harus diatas 3 sepertinya
  3.  Motivation Letter : Harus relevant sama fokus nanti mau ambil konsentrasi apa dan kedepannya mau ngapain.
  4.  TOEIC : 750 itu aman banget tapi ada temen sekelas gw dari Asia Tenggara dapet TOEICnya 680 bisa-bisa aja kok
  5. Kemampuan Bahsa Korea : Gak perlu kok, karena bahas pengantar dikelas semuanya berbahasa Inggris. 

PERKULIAHAN DI GSIS YONSEI UNIVERSITY

Di GSIS Yonsei mahasiswanya rata-rata foreigner, orang Koreanya lebih dikit (tergantung season pendaftaran sih). Menurut temen gw, enrollment di FALL lebih banyak foreignernya dibanding di SPRING dan gw kebetulan masuk yang Fall.

Di GSIS Yonsei gak semua mahasiswa dikelas bisa dapat A, jadi ada presentasenya 40% aja yang bisa dapet A, sedangkan 60% nya dapet B. Jadi suasana kompetisi dikelas itu kerasa banget..TT

Karena kita sistem course work, jadi cuman kuliah aja gak pake nulis thesis perkuliahannya lebih berat kayanya dibanding yang kerja di Lab. Karena yang kerja di lab mereka lebih diberatkan ke penelitian di lab nya dibandingkan tugas-tugas perkuliahan di kelas nya. FYI, kuliah by research di Korea Selatan itu ngeriii pake banget jadwal kuliahnya mereka supe sibuuuuukk..

Di sini kelas favorit gw adalah kelas Bahasa Korea,, ahahaha... jadi kelas Bahasa Korea ini adalah kelas pilihan yang punya bobot SKS 3. Serunya karena gw belajar bahasa baru yang emang gw suka. Tapi agak berat sebenernya karena ada kuis tiap sebelum kelas mulai. Kuisnya itu: Grammar dan Vocab. 여기 가지 발개월 동안 한국어를 공부했어요. 하지만 한국어를 아직 못 했어요. 한국어가 어렵지만 재미있어요~~ㅎㅎㅎ.. nah begitu kira-kira kemampuan bahsa Korea gw setelah 1 tahun disini... ahahhaha


Ini suasana di Kelas Korea_semester 1

Belajar di GSIS Yonsei menurut gw itu susaaaah banget ya,,, ahahaha.. apalagi buat gw yang gak ada background ekonomi, management dan lain-lain karena gw itu lulusan ilme peternakan di IPB. Tapi untungnya karena gw 2 tahun kerja diperusahaan as a marketing staff jadi bisa mengikuti lah, lagian banyak buku bacaannya tenang aja. Tapi karena persaingannya itu sih yang menurut gw bikin susah, karena dapet 80 aja gak cukup kalo temen-temen dikelas dapet 90. Isinya itu ya Midterm, paper (final paper dan weekly paper), presentasi dan final exam, ini komponen yang harus kita jalanin per kelasnya setiap semesternya. untuk lulus kita butuh 48 sks, jadi kira-kira 1 semester harus ambil 4 matakuliah. Keliatannya dikit ya dibanding S1 tapi karena tugasnya banyak jadi kerasa berat dan melelahkan. 

Tapi overall, gw belajar banyak dari kuliah di Yonsei, gak cuman belajar dari pelajaran dikelasnya kaya corporate finance, global IT for manager, International Finance, International Relation, dll. Tapi gw juga tambah tekun belajar dan baca buku-buku yang lebih bermanfaat disini.. hehehhe

Ada satu motto Yonsei yang gw suka "place to make a history". I think the graduate school is a place to make a history for your life. not only the degree from the reputable university that can you get but also you can learn how to become a better person in the future. It's not easy to study in the graduate school but you can do it passionately and you wont regret it. Good luck for hunting the LoA in your favorite University!!!! 



Nonton Hockey Yonsei University VS Korea Univesity _Menang Yeee!!











Dikorea Yngojong diadain satu kali setahun. Ini lomba olahraga 5 cabang olahraga antara Yonsei dan Korea University. Acaranya seru banget karena banyak yel-yel yang seru dan udah kaya konser




Comments

  1. Kak, disalah satu syarat pendaftaran ke yonsei adalah menyertakan bank deposit sedangkan misalnya belom daftar besiswa lpdp nya otu bagaimana kak?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu saya kurang tau deh... karena saya pake beasiswa langsung.. nanti ya saya tanyain ke temen yang gak pake beasiswa ya.

      Delete
    2. Cara dapetin beasiswanya gimana ya? Terima kasih

      Delete
  2. Bisa minta kontaknya? Saya lg exchnge di yonsei

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, katalk aja ya id nya rullyana룰랴나 .. kebetulan lagi winter break di indonesia sekarang, baru balik 22 feb... semoga msh bisa ketemu...

      Delete
    2. Hay kak, saya mau tanya di Yonsei jurusan S2 apa aja ya kak?

      Delete
  3. Assalamualaikum, kak. Perkenalkan, saya Neurina.
    Saya boleh minta kontaknya (email/aplikasi chat) kakak tidak? Saya mau tanya2 mengenai program master di Yonsei. Kebetulan waktu googling nemu blog kakak ini :)
    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  4. Assalamualikum,,, mw tnya kak,, gmna caranya pke beasiswa langsung??

    ReplyDelete
  5. Assalamualikum,,, mw tnya kak,, gmna caranya pke beasiswa langsung??

    ReplyDelete
  6. hai kak, aku baru banget baca blog kamu dan sangat membantu banget! oia kak btw, untuk s2 di yonsei apakah semua jurusan di s2 nya bahasa pengantar di kelas nya bahasa inggris, atau cuman jurusan kamu doang kak? makasih :)

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum.. Maaf kak, apakah gsph (garduate school of public health) nya yonsei juga menerima mahasiswa asing? Apakah juga pengantarnya bahasa inggris? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei hervina..boleh saya minta kontaknya? saya juga punya rencana untuk masuk yonsai dengan jurusan kesmas. kali kita bisa ngobrol2 seputaran ini.

      Delete
    2. Ha @winterrose , bisa kontak saya ke hervina_ahmad@yahoo.com

      Semoga bisa barengan ya...

      Delete
  8. Ka mau tanya dong untuk jurusan s2 teknologi laborayorium medis ada tidk di yonsei university atau mungkin jurusan yg relevant

    ReplyDelete
  9. Kak mau tanya, itu ada syaratnya buat ambil beda jurusan sama S1nya gak sih? Tolong pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Kak kalau daftar Undergraduate di univ di korea pengurusan untuk LoAnya gimana yah ? Terus ada masa berlakunya gak itu LoA. Misalnya pada saat udah di kasih LoA kita nunggu tahun depan untuk kuliah itu bisa gak ?

    Makasih

    ReplyDelete
  11. Kak S1 psikologi nerima mahasiswa asing gak?

    Terimakasih ^^

    ReplyDelete
  12. kak, aku minta kontak kakak dong.. aku mau ambil s2 di yonsei InsyaAllah.. aku mau tanya2 disananya gimana kak ㅠㅠ
    karena aku bakal sendirian disana, keluarga gak ada yg ikut satupun kesana ㅠㅠ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Salju Pertama dan 4 Bulan tinggal di Seoul

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)