Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)



~Thank you for my sponsor Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) from Finance Ministry of Indonesia who make my dream come true~

Sebenernya LPDP adalah program beasiswa ketiga yang gw ikutin proses seleksinya setelah gw lulus. Pertama di tahun 2013 beberapa bulan setelah gw lulus, gw mencoba peruntungan gw dengan mengikuti beasiswa dari Korean Government namanya KGSP dan lolos berkas aja nggak gw, karena gw masih newbie bgt dalam pemburuan beasiswa jadi ya jelas aja gw berkas aja gak lolos. Terus yang kedua gw ikut coba apply program non-degree nya fullbright ke Amerika, itu pun gw gak lolos. Kesini-sini gw baru tau kalo mau dapet beasiswa tuh harus jelas tujuannya, terus essay study plan dan motivation letternya juga harus yang ‘wow’ gitu tapi yang paling penting adalah kita harus yakin kalo kita pasti dapat tuh beasiswa.

Thanks to Mba Cita yang ngajarin gw tentang pemburuan beasiswa, jadi abis lulus kan gw kerja di International Test Center disana gw ketemu sama salah satu inspirator gw, namanya Mba Cita Eka, dia sering banget ngasih link2 info beasiswa ke gw, terus waktu itu gw juga diajakin ke Japan Education Fair di Al-Azhar University dan dari dia lah gw tau semua informasi tentang LPDP. Fyi, sekarang Mba Cita juga awardee LPDP yang lagi ambil master di Kyoto University. Karena gw ngerasa terbantu banget sama Mba Cita dan juga blog2 yang gw baca tentang LPDP, gw juga mau berbagi pengalaman gw yang mungkin bisa bantu temen-temen yang mau coba apply beasiswa LPDP. Here are the details (ini gw buat sesuai jaman gw seleksi ya, periode September 2014)
Beasiswa LPDP pas jaman gw cuman ada 3 tahap :

1. Seleksi Berkas
2. Seleksi FGD (Forum Group Discussion)
3. Seleksi Wawancara

PS, sekarang katanya ditambah 1 tahap lagi yaitu penulisan essay secara on the spot setelah seleksi berkas

SELEKSI BERKAS :

Ini link untuk liat apa aja berkas yang dibutuhin untuk coba ngelamar beasiswa lpdp disini. Waktu awal gw lamar lpdp gw ambil program dalam negeri dengan universitas tujuan UI, hal ini gw lakuin karena orangtua gw kurang setuju kalo gw lanjut kuliah keluar negeri pada awalnya, padahal gw udh dapet Unconditional offer dari University of Quensland. Tapi waktu itu gw yakin restu Allah restu orangtua jadi gw ikutin saran untuk ambil program dalam negeri. Fyi juga gw salah satu awardee yang ambil jurusan masternya beda jauh banget sama S1 gw, tapi berhubungan sama dunia kerja yang 2 tahun udah gw jalanin. Jadi gw lulusan Fakultas Peternakan IPB angkatan 2008 dan waktu daftar LPDP gw ambil MM UI, dan melalui proses pindah universitas yang dibolehkan lpdp gw lanjut di Yonsei University jurusan International Trade, Finance and Management.

TIPS SELEKSI BERKAS ALA GW :
Kita harus ikutin arahan atau persyaratan yang ada di website nya, karena waktu itu gw pernah diinfoin pas acara PK (persiapan keberangkatan) sama Bu Ratna (pengurus LPDP) kalo Seleksi berkas lpdp itu by system jadi kalo misal ada persyaratan yang gak sesuai ya langsung gak bisa. Misal disitu bilang IPK 3,0 ya kalo IPK pelamarnya dibawah itu ya langsung di cut, terus jumlah karakter di Essay misal harus sesuai juga. Yang paling penting berkas-berkas harus lengkap semuanya jangan ada yang gak dilengkapin. Basicly, kalo kita udah sesuai sama persyaratan pasti kita bakal lolos. tambahan tips, walaupun gw salah satu awardee yang melakukan proses pindah prog. dalam negeri keluar negeri, gw gak recommend untuk kalian ngelakuin hal yang sama karena prosesnya pasti lama dan banyak galaunya,,, So, determined your choice program from the first time you apply.

SELEKSI FGD (Forum Group Discussion)

Waktu gw dapet jadwal seleksi wawancara dan FGD, alhamdulilah kedua tes ini gw lakukan dalam jadwal 1 hari yang sama (jadi deg2annya sekaligus,, hehehehe). Jadwal FGD gw lebih awal daripada Wawancara. Nah, pas bgt jadwal grup FGD gw yang pertama sekitar jam 8.30 atau jam 9 gitu, karena yang pertama gw gak ada gambaran apa materi diskusi dan gak bisa nanya2 tentang situasi dan kondisi sama temen yag lain. bersyukurlah kalo lw jadwal FGD nya gak pertama lw bisa tanya2, karena materi diskusinya cuman ada 2 jenis kayanya.


Alhamdulilahnya waktu itu temen kelompok gw baik2, jadi sebelum masuk ruang diskusi kita kenalan dulu. terus pada support dan ada salah satu temen gw yang ngingetin kita harus kompak dan jangan saling menjatuhkan. Yang sampai saat ini temen FGD yang gw inget adalah Mba Tasya, dia juga alhamdulilah lolos dan ngelanjutin master programnya di Michigan University, yang lain gw gak tau kabarnya,, hehehehe... (semoga lolos semua)

Materi FGD dikasih setelah kita perkenalkan diri kita dan nulis nama kita di papan nama yang ditaro didepan kita, ini dilakukan untuk mempermudah 2 psikolog yang membuat penilaian.Waktu itu gw materinya tentang 'Peran Budaya dalam Misi Perdamaian Dunia', awal pas baca judulnya gw agak 'eng-ing-eng' banget sih tapi pas udah dibaca akhirnya ngerti juga. Waktu bacanya 5 menit, jadi usahain kebaca semuanya jadi pas diskusi lw bisa ikutin alur diskusinya. Setelah baca kita disuruh jawab pertanyaan yang ada dibawah bacaan, psikolognya cuman bilang kita dikasih waktu sekitar 30 menit kalo gak salah untuk jawab pertanyaan. Pas itu, gw padahal udh menghindar bgt jadi notulen karena gw pikir pasti ribet ngungkapin ide sambil nulis, tapi eh malah gw ditunjuk jadi notulen (baiklah). FGD kelompok gw berjalan dengan baik dan semua pertanyaan terjawab, nah gw kan pas jadi notulen main tulis2 aja tuh ya omongan temen2, eh pas akhir dikumpulin dong kertas notulensinya, eng-ing-eng, alhasil gw langsung bikin point-point untuk memperjelas jawabannya.. fiuhhh

TIPS FGD ALA GW :
1. Kalo bisa jadi notulen aja tapi harus fokus dan tulisannya harus bagus. fyi, temen gw yg jadi notulen juga lolos loh... TAPI INGET CATATAN NOTULENSINYA DIKUMPULIN jadi tulisannya yang rapi.
2. Kalau lw ditunjuk, misal jadi moderator atau jadi notulen lw jangan nolak harus iya pokoknya.
3. Fokus sama alur diskusi dan harus berpendapat yang kreatif dan sesuai bahan bacaan

SELEKSI WAWANCARA

Nah, ini nih tahap yang paling menentukan. Kalau menurut gw dan mendengar info dari pihak LPDP, tahap wawancara ini persentase penilaian yang paling besar. So, do your best in this step. Jadwal wawancara gw waktu itu cukup terbilang siang. Sekitar jam stgh 2 kalo gak salah gw baru dipanggil. Waktu itu gw dapat jadwal wawancara di Gd. Maramis yang bisa dibilang dingiiiiiin banget (gak tau AC nya dingin atau gw yg terlalu nervous). Yang jelas ada 3 interviewer yang sudah menunggu gw, ada 2 professor dari Perguruan Tinggi dan 1 psikolog. Tapi kita gak tau yg mana yg professor dan yang mana yg psikolog. Waktu itu ada 2 bapak dan 1 Ibu, yang jelas yang Ibu ini jutek dan menyecar sekali diawal tapi pas akhir Ibunya baik banget, karena kebetulan gw pindah jurusan dari jurusan S1 gw jadi beliau-beliau banyak bertanya 'Kenapa saya pindah jurusan' tapi tanya 'Kenapa nya ini berentet'. Gw coba list ya pertanyaan dari interviewer waktu itu :

1. Jelaskan dan terangkan Mengenai Skripsi kamu ?
    Skripsi kamu hasilnya berpengaruh terhadap dunia nyata gak?
2. Kenapa kamu masuk peternakan IPB dulu?
3. Terus Kenapa sekarang pindah ke Manajemen?
4. Kenapa ambil prog. dalam negeri? Menurut saya mending kamu ambil prog. luar negeri aja.
5. Di Kampus kamu Intakenya bulan apa aja? 1 kelas berapa orang?
6. Kamu menyesal gak ambil S1 peternakan dulu?
7. Coba ceritakan dulu kamu di kampus sudah pernah berbuat apa aja untuk masyarakat?
8. Coba kamu hubungkan rencana kedepan kamu dengan melihat studi S1 kamu dan rencana S2 kamu?
 9. Kalo kamu harus pilih kamu kerja atau kuliah? (karena waktu mendaftar saya masih kerja)
10. Perkenalkan dan jelaskan motivasi S2 kamu dengan bahasa Inggris dengan singkat?
11. Nanti kalo di Manajemen kamu mau ambil thesis tentang apa?

Nah, itu kira-kira pertanyaannya.

TIPS SELEKSI WAWANCARA ALA GW :
1. Kita harus jawab dengan yakin gak boleh ragu
2. Pelajari mengenai kampus tujuan dan lingkungannnya, karena itu menunjukan kamu udh siap kuliah S2 dan memiliki niat yang kuat
3. Belajar tanya jawab dengan temanmu sebelum jadwal tesnya, latiannya in both language English and Bahasa. pikirkan juga kira2 apa yang ditanyakan sekitar essay kamu. Karena ada beberapa info dari teman pertanyaan yang gak terduga. Misal, kalo professornya itu ternyata jurussannya sama kaya bidang S1 atau S2 kamu dia akan nanya lebih ke materi kuliah. Ada temen gw pas wawancara ditanya tentang 'agregat yang baik' karena dia anak teknik sipil, dan ada anak kedokteran yang mau ambil spesialis disuruh teranging tentang 'DNA'. Malah ada temen gw yg ngambil beda jurusan human resources tapi S1 nya bukan psikologi ditanya 'Coba kamu sebutkan 1 nama psikolog yang background dasarnya bukan dari psikologi'. Naaaahhh, kalo pas disitu ditanyanya boro2 bisa googling. So, prepare and have a lot of exercise are a must.
4. Nervous itu pasti, tapi jangan berlebihan sampe gemetaran atau gak fokus jawabnya ya, karena interviewernya 3 orang, jadi pasti terasanya pertanyaannya bertubi-tubi gitu. Baru mikir jawaban yang satu harus mikir yang lain yang kadang gak nyambung sama pertanyaan sebelumnya. Tapi kalo dibawa santai, tahap wawancara ini menyenangkan banget kok.Pas terakhir gw salaman aja Ibu yang wawancara gw bilang 'kok, tangannya dingin banget? gak usah takut, kita baik-baik kan'...

Itu aja yang bisa gw share, semoga bermanfaat bagi yang baca. Sebenernya dari semua tahap ini ada 1 Tips dan kunci yag menurut gw paling berpengaruh sama ke lulusan gw dapat LPDP. Tipsnya adalah BANYAKIN IBADAH (karena gw islam,,sholat 5 waktu, sholat duha, tahajud dan juga bersedekah jangan lupa). Good luck for your LPDP journey process, see you in LPDP group milis....

Ini suasana nunggu antrian wawancara di Gd. Maramis dulu, ketemu temen baru pastinya








Comments

  1. Kak minta emailnya dong. mau diskusi lebih lanjut nih tentang lpdp

    ReplyDelete
    Replies
    1. emailnya rullyana.bianti2@gmail.com

      Delete
    2. Boleh diskusi tidak mbak lewat email? saya ingin mengikuti jejak mbak rully juga. Terima kasih

      Delete
  2. Butuh IELTS tinggi untuk keperluan akademik, professional & imigrasi?
    Kami menyediakan program kilat, yaitu GARANSI IELTS 7.5 dalam 4 bulan. Berpengalaman lebih dari 14 tahun, satusatunya di Indonesia yang memiliki program GARANSI IELTS 8.0 & score internasional dari 4000 alumni kami merupakan yang paling spektakuler di Indonesia. 08787 8787 190

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LoA dari Yonsei University (연세대학교)

Salju Pertama dan 4 Bulan tinggal di Seoul

Bermimpilah Karena Tuhan Akan Memeluk Mimpi Kita ~Sang Pemimpi, Andrea Hirata~ ...I Believe That Quote So Much...